Karimun Jawa : Pulau Kecil yang Menawan

Karimunjawa, siapa yang tak kenal dengan Pulau kecil satu ini. Pulau yang berada di laut Jawa. Karimunjawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Berapa luasnya? luas daratan ±1.500 hektare atau 15 kilometer persegi dan perairan ±110.000 hektare atau 1.100 kilometer persegi. 

karimunjawa
Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional sejak tanggal 15 Maret 2001. Taman Nasional Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau. 

Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.


Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan jinak, dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.

Karimunjawa menjadi salah satu destinasi wisata dan menyediakan beragam spot untuk liburan. untuk mencapai Karimunjawa, kapal adalah transportasi utama menuju pulau tsb. jarak tempuh sekitar 2 - 4 jam, bergantung ombak dan kapal.



Daya tarik utama Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Kawasan perairannya memiliki ombak yang cenderung sangat tenang dengan pemandangan bawah laut yang indah. Menjadikan Karimunjawa sebagai spot terbaik di Jawa Tengah untuk snorkeling

Jumlah pulau yang ada di Karimunjawa ada sekitar 27 pulau. 5 diantaranya merupakan pulau yang berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa itu sendiri, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang dan Pulau Genting.


13 spot wisata di karimunjawa versi yukpiknik.com

1. Pantai Ujung Gelam
Sumber: bestwisatakarimunjawa
Pantai Ujung Gelam merupakan pantai di Karimun Jawa yang dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunset. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan matahari tenggelam di pantai ini terlihat begitu memikat.

Sumber: yukpiknik.com
Sebagai teman menikmati suasana sore, kamu bisa membeli kelapa muda yang banyak dijajakan di warung-warung di sekitar pantai.

2. Pantai Barakuda

Sumber: spadepicnic.wordpress.com
Pantai Barakuda berada di Pulau Kemujan. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dengan pemandangan pulau-pulau di kejauhan sana dengan air laut yang terlihat sangat jernih dan tenang. Keunikan pantai ini adalah keberadaan batu-batu hitam dengan bentuk yang unik.

3. Pantai Nirwana
Sumber: piknikasik.com
Pantai Nirwana merupakan pantai terpanjang yang ada di Kepulauan Karimun Jawa dan berada di sisi sebelah timur Pulau Karimun Jawa. Suasana di pantai ini teridir atas pemandangan pasir putih serta air laut yang jernih dan tenang dengan banyaknya pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir pantai.
Sumber: Yukpiknik.com
 4.  Pantai Batu Topeng
Sumber: Karjaw.com
Lokasi Pantai Batu Topeng masih berada satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam atau sebelah utara Pantai Tanjung Gelam. Suasana pantai, ketika senja datang "pemandangan di pantai ini akan berubah menjadi lebih indah dengan pendar cahaya oranye di ufuk barat". Di sekitar pantai ini terdapat batu-batu berwarna hitam.

5. Pantai Segon Lele

Sumber: Nasirullahsitam.com
Di Pantai Segon Lele, di sekitar pantai terdapat banyak gosong (gundukan pasir di tengah laut) yang menjadi salah satu primadona di Karimun Jawa. Pantai ini berpasir putih dengan air laut yang jernih serta ombak yang sangat tenang

6. Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

Sumber: jateng.tribunnews
Selain pantai, di Pulau Kemujan, spot yang tidak kalah menariknya adalah hutan mangrove. Di kawasan hutan mangrove ini, terdapat track kayu sepanjang sekitar 2 km yang bisa digunakan para pengunjung untuk menikmati keindahan kawasan hutan mangrove.

Sumber: imgrum.org
Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan beberepa spesies binatang yang hidup di kawasan hutan mangrove.

7. Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar

Sumber: nativeindonesia.com
Salah satu kegiatan menarik di Karimun Jawa adalah berenang dengan ikan hiu. Di Pulau Menjangan Besar terdapat sebuah penangkaran hiu yang mana kita diperbolehkan untuk berenang bersama ikan-ikan hiu di penangkaran tersebut. Tentu saja hiu yang ada di penangkaran ini merupakan hiu jinak. Meskipun ukurannya juga relatif besar. Berenang di penangkaran hiu di Pulau Menjangan ini akan menjadi pengalaman yang ngeri-ngeri sedap .

8. Pulau Menjangan Kecil
Sumber: piknikasik.com
Pulau Menjangan Kecil merupakan salah satu spot menarik di Karimun Jawa untuk snorkeling karna perairan di sekitar pulau ini memiliki pemandangan yang begitu memikat. Keberadaan ikan-ikan kecil menjadi daya tarik utama pemandangan bawah laut di sekitar perairan Pulau Menjangan Kecil.
Sumber: 1001malam.com
Pulau ini dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan perahu motor dari Pulau Karimun Jawa. Masyarakat di Karimun Jawa lebih sering menyebut pulau ini dengan Maer. 

9. Pulau Geleang
Sumber: karimunjawaopentrip.com
Pulau Geleang merupakan merupakan Pulau tak berpenghuni, namun menawarkan keindahan yang akan membuat kita malas untuk pulang.
Sumber: tripadvisor
Dari pulau ini kita bisa melihat pemandangan Pulau Karimun Jawa dari sisi yang berbeda. Perairan di sekitar pulau ini juga merupakan tempat yang sangat ideal untuk snorkeling.

10. Pulau Cilik

Sumber: tribunnews.com
Pulau Cilik dikelilingi oleh pantai berpasir putih khas Karimun Jawa, perairan dengan ombak yang sangat tenang. ditambah dengan Terumbu karang dengan berbagai bentuk dan warna, sehingga pulau ini juga merupakan salah satu spot snorkeling yang sangt ideal di Karimun Jawa.
Sumber: panduanwisata.id
Sebuah dermaga kayu yang ada di pulau ini dapat kita jadikan tempat untuk berpose mengabadikan momen di Pulau Cilik

11. Pulau Cemara Besar

Sumber: arjunakarimunjawa.com

Pulau Cemara Besar juga sebuah pulau tak berpenguhi lain dan sering dikunjungi. Lokasi pulau berada di sebelah sisi sebelah timur dari Pulau Karimun Jawa. Butuh waktu sekitar 30 menit penyebrangan dengan perahu motor untuk sampai ke pulau ini dari Pulau Karimun Jawa. Perairan di sekitar pulau ini sangat dangkal sampai-sampai perahu tak bisa bersandar di pantai. Perahu biasanya akan bersandar di batu karang yang berada beberapa puluh meter dari bibir pantai.

Sumber: superadventure.co.id
Di sisi sebelah utara pulau ini ada pulau cantik lain yang sering disebut dengan Pulau Cemara Kecil. Bermain di perairan dangkal di pulau ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan


12. Bukit Love
Sumber: karimunjawa.co.id
 Keindahan pemandangan dan suasana tropis di Karimun Jawa menjadikannya sebagai salah satu tempat favorite pasangan muda untuk berbulan madu.
Sumber: ranselkarimunjawa.com
Jika kamu pergi ke Karimun Jawa bersama pasangan, ada satu tempat yang wajib untuk dikunjungi yakni Bukit Love. Bukit ini berada di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa.
Sumber: karimunjawa.co.id
Di puncak bukit ini ada sebuah tugu bertuliskan kata “LOVE”. Berfoto dengan latar belakang tugu tersebut adalah kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bukit Love

13. Alun - Alun Karimunjawa

Sumber: hipwee.com
 Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Alun-alun yang berada di Pulau Karimun Jawa.
Sumber: blog.gogonesia.com
Alun-alun Karimun Jawa dikenal sebagi pusatnya kuliner seafood di Karimun Jawa.

Sumber: Tripadvisor.com
 Di alun-alun ini kita sekaligus bisa membaur bersama warga lokal yang menghuni Pulau Karimun Jawa.





Bagaimana Sobat? Apakah ingin berkunjung kesana? Klik Disni

Dapatkan harga murah dan menarik.

Paket dimulai dari (info lengkap silahkan klik):
1.  2hari 1 malam (2h 1m)
2. 3 hari 2 malam (3h 2m)
3. 4 Hari 3 malam  (4h 3m)



Comments

  1. Pantai dengan pasir putih, tak perlu jauh-jauh ke Bali, di Jepara ternyata juga menwarkan keindahan dan pesona alam yang memikat

    ReplyDelete
  2. nahhh ini, cocok buat libur panjang selain ke wisata lembang

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Permainan Tradisional Khas Kalteng

Cara Block Port 139/445 dan 3389

Akreditasi Prodi C, Akreditasi Kampus dan CPNS