Posts

Showing posts from June, 2016

Palangka Raya Banjir : Harus ada Perbaikan Drainase

Image
Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah dan ruas jalan dalam Kota Palangka Raya, Sabtu lalu (4/6/2016). Hal ini diduga karena sistem drainase kota tak mampu mengelola tumpahan air akibat hujan deras yang mengguyur Palangka Raya.

Air hujan yang menggenangi seluruh ruas Jalan di Kota Palangka Raya bahkan mencapai 40 cm atau setara dengan setengah kaki orang dewasa.

Kejadian ini sontak membuat warga kaget apalagi yang melaksanakan aktivitasnya pada pagi hari, melewati ruas jalan yang banjir harus berjibaku dengan air. Ada beberapa kendaraan roda dua dan roda empat macet bahkan mogok dan harus di dorong oleh warga lainya untuk bisa melewati banjir.

Pantauandi berbagai media, di berbagai komplek perumahan dan ruas jalan yang terkena dampak banjir yakni di wilayah Jalan Tumenggung Tilung, Jalan Rajawali, Jalan Yos Sudarso, Jalan G. Obos, serta hampir seluruh ruas jalan. Dan terparah di wilayah Jalan Ramin, Komplek Babusalam, Pananrung, sejumlah warga dilakukan evakuasi oleh tim relawan, ap…

Gubernur Kalteng Tetapkan Delapan Misi Pembangunan Daerah

Image
Pasangan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran-Habib Said Ismail telah dilantik pada Rabu (25/5) di Jakarta. Mereka dilantik secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bahkan, kini mereka telah menetapkan delapan misi pembangunan daerah itu.

Dalam acara serah terima Jabatan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto mengatakan bahwa dalam kurun waktu lima tahun kedepan, pihaknya telah sepakat menetapkan visi pembangunan yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Dari visi tersebut, kemudian telah ditetapkan delapan misi pembangunan daerah. Kedelapan misi tersebut adalah penetapan rencana tata ruang wilayah provinsi Kalimantan Tengah, pengelolaan infrastruktur, kemudian pengelolaan sumberdaya air, pesisir dan pantai, pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi dan penganggulangan kemiskinan, kemudian peningkatakn kualitas tata kelola pemerintah daerah, pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam sert…

Obrolan Istri minta Suami agar dipoligami

Image
Ketika suami dan istri sedang melakukan perjalanan, sang istri memulai pembicaraan;


Istri : Abi, suami tu kebanyakan takut istri ya.

Suami : Hmmmm… Abi ga koq…

Istri : Buktinya.. Abi ga berani nikah lagi..

Suami : ha.. (nada keheranan)

Istri ; kan jelas abi di surat anisa, laki-laki itu boleh nikah lebih dari satu.

Suami : Hmmmm… jadi Abi boleh nikah lagi umi?




Istri : boleh Abi. Tapi ada syaratnya.

Suami : Apa syaratnya umi?


Istri : Mudah koq bi.. Cuma ada 3 syarat aja koq.

Suami : Apa itu Umi? (tanya suami dengan penasaran)

Istri : pertama , Abi harus nikah dengan perempuan yang lebih muda dari Umi.

Suami : Wah gampang umi.. banyak aja perempuan muda yang mau ma Abi.. Abi kan ganteng.

Istri : Ah abi kepedean.. Syarat kedua, Abi harus nikah dengan yang lebih cantik dari Umi.

Suami : Ya pastilah Umi…hehhe

Istri : Nah syarat yang terakhir… Langkahi dulu mayat Umi.

Suami : Eh…. (Kaget dan tetep menjadi suami yang istiqomah)

Obrolan Suami Istri Seputar Keuangan

Image
Seorang suami istri sedang bercakap-cakap;

Istri : Abi,….. Suami : Iya umi. Istri : Abi itu miskin ya.. ga punya uang. Suami : Hmmmmm… koq bisa Istri : kan seluruh gaji abi disedekahin ke umi semua… hehehe Suami ; owh iya ya… tapi sekarang Abi jadi tukang sedekah terbesar di keluarga ini. Istri : Iya Abi. Jadi uang Abi, uang Umi juga. Gaji umi itu punya umi sendiri..hehe Suami : hehe tapi gpp, kan Umi buat Abi… Istri : eh Abi ni…. Sama aja..

Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Dilantik

Image
Provinsi Kalimantan Tengah akhirnya mendapatkan gubernur baru. Rabu, 25 Mei 2016 lalu, Sugianto Sabran-Habib Ismail dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Pasangan Sugianto Sabran-Habib Ismail telah dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Suasana suka-cita meliputi  keluarga dan para pejabat serta tokoh masyarakat Kalimantan Tengah yang turut serta dalam acara pelantikan.

Pelantikan itu dirangkai dengan  acara penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) di ruang Kredensial dan dilanjutkan dengan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Pelantikan pasangan Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng ini dilakukan bersama-sama dengan pelantikan  Gubernur Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau,dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.


By Choirul Fuadi

Peneliti Muda Dari SMAN 1 Mute Mendapat Medali di Tingkat Asia

Image
Kita patut berbangga atas sejumlah prestasi yang diukir oleh generasi penerus bangsa. Salah satu contongnya adalah ANISA Saraswati. Anisa adalah siswi kelas XI IPA, SMAN 1 Muara Teweh. Anisa berhasil memboyong medali perunggu pada ajang Young Inventors Exhibition 2015 (AYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia dalam penghargaan untuk peneliti belia di bidang matematika.




Anisa Saraswati mengaku senang pada ajang AYIE yang diikutinya. Anisa mendapatkan banyak pelajaran berharga seperti pentingnya belajar Bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Selain itu, kedisiplinan karena dengan disiplin dapat membuat sesuatu menjadi berharga. Untuk perwakilan Kalimantan Tengah, diikuti oleh enam peserta dari Kapuas, Sampit dan Barito Utara. Lima peserta mendapatkan piagam dan medali, di antaranya Kapuas satu perunggu, Sampit mendapatkan dua perak dan satu perunggu, dan Barito Utara mendapatkan satu perunggu. Razikinor, Kepala SMAN 1 Muara Teweh saat penyerahan penghargaan dan medali kepada Dinas Pendidikan Barit…

SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING' Part 2

Image
Cara ini mulai diajarkan pd anak sejak usia mereka masih sangat dini agar terbentuk sebuah kebiasaan yg kelak akan membentuk mereka menjadi mahluk 'Being', yakni manusia2 yg melakukan apa yg mereka tahu benar."

Betapa sekolah begitu memegang peran yg sangat penting bagi pembentukan perilaku & mental anak2 bangsa. Tidak hanya sekadar berfungsi sebagai lembaga sertifikasi yg hanya mampu memberi ijazah kepafa para anak bangsa.
Karakter, perilaku dan kejujuran adalah landasan untuk membangun anak didik  yang lebih beradab dalam berperilaku, Bukan sekadar angka-angka akademik seperti yang tertera di buku-buku raport sekolah ataupun Indeks Prestasi IPK..
Kejujuran dan etika moral adalah prioritas utama, sedangkan kepintaran itu kita kembangkan kemudian,  karena setiap anak terlahir pintar dan pendidikan itu sendiri adalah perkembangan

Oleh sebab itu ,Seyogyanya, kita  tidak perlu terlalu risau jika seorang anak belum bisa calistung ( baca tulis hitung ) atau Pipolondo ( Pi…

SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING'

Image
Beberapa hari yg lalu, saya terkesima dg pesan dr salah satu tmn di grup.. luar biasa isi pesanya.. Mengenai pendidikan kita.... yg akhir2 ini muncul berita yg cukup membuat kita tertercengang.. mulai dr guru yg hanya krna mencubit murid akhirnberujung di bui, bahkan sampai ada mahasiswa yg membunuh dosenya sendiri.. luar biasa..
SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING'
  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ  
Kantor kami, Perusahaan PMA dari Jepang, mendapat pimpinan baru   dari Perusahaan induknya di Jepang. Ia akan menggantikan Pimpinan yang lama yang memang sudah waktunya untuk  balik ke negaranya. Sebagai patner,, saya ditugaskan utk kmendampinginya selama ia di Indonesia. Saya menawarkan kepadanya selain perkenalan kpd relasi  juga ,  utk  melihat2 objek wisata kota Jakarta dan Bandung .  
Pada saat kami ingin menyeberang jalan, teman saya ini selalu berusaha utk mencari zebra cross. Berbeda dgn saya dan org Jakarta yg lain, dgn mudah menyeberang di…

Sedekah Unik Warga Saudi

Image
Sedekah Unik yang dilakukan warga Saudi

Sebuah kulkas berisi penuh makanan dan minuman, diletakkan di tepi jalan depan sebuah rumah. Setiap orang bebas mengambil atau menaruh makanan di sana, karena sengaja tidak dikunci.

Hal ini merupakan ide kreatif dari seorang warga Hail, Arab Saudi untuk bersedekah memberi makan orang-orang miskin di sekitar rumahnya yang malu untuk mengemis di jalan raya.

Pria yang tidak ingin disebut namanya itu mengundang warga sekitar untuk menyumbang makanan berlebih di lemari es tersebut, agar nantinya kaum miskin dapat mengambilnya.

Cara bersedekah yang unik ini mendapat perhatian dunia luas dan banyak tokok islam yang mengapresiasinya melalui media sosial. Dikatakan bahwa sejumlah warga Bahrain ingin agar cara itu diterapkan di negaranya terutama saat Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.

Semoga warga Indonesia juga bisa menirunya.

http://www.kaskus.co.id/thread/5370199180cf17f131000073/cara-sedekah-unik-ini-bikin-kagum-dunia/

Belajar dari Anak Kecil

Image
Sekedar cerita,...mungkin dapat diambil hikmahnya..

BELAJAR DARI ANAK KECIL

 Sesudah jumatan aku masih duduk di teras mesjid di salah satu kompleks sekolah. Jamaah mesjid sudah sepi, bubar masing-masing dengan kesibukannya.

Seorang nenek tua menawarkan dagangannya, kue traditional. Satu plastik harganya lima ribu rupiah. Aku sebetulnya tidak berminat, tetapi karena kasihan aku beli satu plastik.

Si nenek penjual kue terlihat letih dan duduk di teras mesjid tak jauh dariku. Kulihat masih banyak dagangannya. Tak lama kulihat seorang anak lelaki dari komplek sekolah itu mendatangi si nenek. Aku perkirakan bocah itu baru murid kelas satu atau dua.

Dialognya dengan si nenek jelas terdengar dari tempat aku duduk.




“Berapa harganya Nek?”
“Satu plastik kue Lima ribu, nak”, jawab si nenek.

Anak kecil itu mengeluarkan uang lima puluh ribuan dari kantongnya dan berkata :

“Saya beli 10 plastik, ini uangnya, tapi buat Nenek aja kuenya kan bisa dijual lagi.”

Si nenek jelas sekali terlihat berbinar2…

TERNYATA MALAIKAT IZRAIL MENZIARAHI KITA SETIAP 21 MENIT

Image
TERNYATA MALAIKAT IZRAIL MENZIARAHI KITA SETIAP 21 MENIT

Betapa sering malaikat maut melihat dan menatap wajah seseorang, yaitu dalam waktu 24 jam sebanyak 70 kali. Seandainya manusia sadar hakikat tersebut, niscaya dia tidak akan lupa untuk mengingat mati. Tetapi oleh karena malaikat maut adalah makhluk ghaib, manusia tidak melihat kehadirannya, sebab itu manusia tidak menyadari apa yang dilakukan oleh Malaikatul maut.




Coba kita lihat » 1 hari=24 jam=1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita=20.571 menit, itu berarti Sang pencabut nyawa menziarahi kita setiap 21 menit.

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa. Maka berkata Izrail: ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia…

Jualan SOTO cara langit

Image
Dalam perjalanan kerja ke Solo, satu hari saya mampir makan di warung soto dekat hotel tempat saya menginap.

Habis Jum'atan saya mampir ke warung soto itu karena sangat ramai dikunjungi pelanggannya. Saya pikir soto ini pasti enak karena pengunjungnya sampai ke teras warung.

Suasananya rada aneh, ketika saya lihat sekeliling meja, banyak sekali abang-abang becak yang makan di sana.



"Emmm ,Pantesan rame, sotonya memang benar-benar enak !"

Ketika selesai makan dan mau membayar, Bu Amir pemilik warung soto itu melarang saya mengeluarkan uang,  "Tidak usah bayar Dik, terima kasih atas kunjungannya."

Dengan penuh rasa heran saya bertanya alasannya kenapa gak boleh bayar ?

"Ini hari Jumat Dik, di sini tiap hari Jumat gratis!"

Masya Allah, terjawab sudah kenapa sebagian besar yang makan di warung ini tukang becak. Setengah bingung saya mencoba mendekat ke tempat Bu Amir duduk.

"Ibu, apa gak rugi jual soto seharian gak dapat uang?", tanya saya sete…

Cara Hidup Bahagia

Image
Cara Bahagia


Jika kekayaan bisa membuat orang bahagia, tentunya Adolf Merckle, orang terkaya dari Jerman, tidak akan menabrakkan badannya ke kereta api.

Jika ketenaran bisa membuat orang bahagia, tentunya Michael Jackson, penyanyi terkenal di USA, tidak akan meminum obat tidur hingga overdosis.

Jika kekuasaan bisa membuat orang bahagia, tentunya G. Vargas, presiden Brazil, tidak akan menembak jantungnya sendiri.

Jika kecantikan bisa membuat orang bahagia, tentunya Marilyn Monroe, artis cantik dari USA, tidak akan meminum alkohol dan obat depresi hingga overdosis.

Jika kesehatan bisa membuat orang bahagia, tentunya Thierry Costa, dokter terkenal dari Perancis, tidak akan bunuh diri, akibat sebuah acara di televisi.

Ternyata, bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu, bukan ditentukan oleh seberapa kayanya, tenarnya, cantiknya, kuasanya, sehatnya atau sesukses apapun hidupnya.

Tapi yang bisa membuat seseorang itu bahagia adalah dirinya sendiri.. mampukah ia mau mensyukuri semua yang su…

Kisah Cinta Abadi

Image
Nice story! Kisah Cinta Abadi

Pagi itu klinik sangat sibuk. Sekitar jam 9:30 seorang kakek berusia 70-an datang untuk membuka jahitan pada luka di ibu-jarinya. Saya menyiapkan berkasnya dan memintanya menunggu, sebab semua dokter masih sibuk dan mungkin dia baru dapat ditangani setidaknya 1 jam lagi. Sewaktu menunggu, pria tua itu nampak gelisah, sebentar-sebentar melirik ke jam tangannya.

 Saya merasa kasihan. Jadi ketika sedang luang saya sempatkan untuk memeriksa lukanya. Nampaknya cukup baik, sudah kering dan tinggal membuka jahitan dan memasang perban baru. Pekerjaan yang tidak terlalu sulit, sehingga atas persetujuan dokter, saya putuskan untuk melakukannya sendiri.



Sambil menangani lukanya, saya bertanya apakah dia punya janji lain hingga tampak terburu-buru. Lelaki tua itu menjawab tidak, dia hendak ke rumah jompo untuk makan siang bersama istrinya, seperti yang dilakukannya sehari-hari. Dia menceritakan bahwa istrinya sudah dirawat disana sejak beberapa waktu dan istrinya me…