Palangka Raya Banjir : Harus ada Perbaikan Drainase

June 09, 2016 Add Comment
Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah dan ruas jalan dalam Kota Palangka Raya, Sabtu lalu (4/6/2016). Hal ini diduga karena sistem drainase kota tak mampu mengelola tumpahan air akibat hujan deras yang mengguyur Palangka Raya.

Air hujan yang menggenangi seluruh ruas Jalan di Kota Palangka Raya bahkan mencapai 40 cm atau setara dengan setengah kaki orang dewasa.

Kejadian ini sontak membuat warga kaget apalagi yang melaksanakan aktivitasnya pada pagi hari, melewati ruas jalan yang banjir harus berjibaku dengan air. Ada beberapa kendaraan roda dua dan roda empat macet bahkan mogok dan harus di dorong oleh warga lainya untuk bisa melewati banjir.
Banjir di salah satu sudut kota Palangka Raya. terlihat pengendara sedang menerobos banjir

Pantauan di berbagai media, di berbagai komplek perumahan dan ruas jalan yang terkena dampak banjir yakni di wilayah Jalan Tumenggung Tilung, Jalan Rajawali, Jalan Yos Sudarso, Jalan G. Obos, serta hampir seluruh ruas jalan. Dan terparah di wilayah Jalan Ramin, Komplek Babusalam, Pananrung, sejumlah warga dilakukan evakuasi oleh tim relawan, aparat kepolisian hingga warga setempat karena air dalam dan tidak bisa dilewati.
Tak terkecuali di media sosial seperti Facebook, Instagram dan BBM, 90 persen warga masyarakat Kota Palangka Raya memponsting foto banjir melanda serta menggunakan status kebanjiran dan banjir dimana-mana.
Kalangan DPRD Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah provinsi segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya menangani drainase, khususnya di wilayah perkotaan yang mengalami genangan air maupun banjir.
Sekretaris Komisi D DPRD Kalteng Jimin Genang air di sejumlah jalan protokol maupun banjir di permukinan penduduk selain karena intensitas hujan yang tinggi juga akibat dari buruknya sistem drainase yang dibangun. di Palangka Raya.
"Kejadian banjir kemarin, harapan kami koordinasi pemprov, khususnya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi dengan pemkot segera dilaksanakan. Jangan sampai nanti ada dua tiga kali hujan, rumah warga terendam lagi. Perbaikan drainase harus lebih serius, jangan asal saja," ujarnya dia.
Sehingga sudah saatnya masalah drainase jadi perhatian serius pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama, sebelum Palangka Raya semakin padat. 

Dikutip dari berbagai sumber

Gubernur Kalteng Tetapkan Delapan Misi Pembangunan Daerah

June 08, 2016 Add Comment
Pasangan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran-Habib Said Ismail telah dilantik pada Rabu (25/5) di Jakarta. Mereka dilantik secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bahkan, kini mereka telah menetapkan delapan misi pembangunan daerah itu.

Dalam acara serah terima Jabatan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto mengatakan bahwa dalam kurun waktu lima tahun kedepan, pihaknya telah sepakat menetapkan visi pembangunan yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dari visi tersebut, kemudian telah ditetapkan delapan misi pembangunan daerah. Kedelapan misi tersebut adalah penetapan rencana tata ruang wilayah provinsi Kalimantan Tengah, pengelolaan infrastruktur, kemudian pengelolaan sumberdaya air, pesisir dan pantai, pengendalian inflasi, pertumbuhan ekonomi dan penganggulangan kemiskinan, kemudian peningkatakn kualitas tata kelola pemerintah daerah, pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam serta pengelolaan pendapatan daerah. 
Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran-Habib Said Ismail dilantik pada Rabu (25/5) di Jakarta oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.


Dalam acara serah terima jabatan, turut hadir mantan Wagub Kalteng Achmad Diran, Kepala Kadin Kalteng Tugiyo, Anggota DPR RI Dapil Kalteng Hamdhani, Bupati/Walikota se-Kalteng, unsur Muspida dan FKPD.
"Terima Kasih kepada Bapak Hadi Prabowo yang telah bertugas di Kalimantan Tengah selama sembilan bulan 20 hari atau sejak 5 Agustus 2015 hingga 26 Mei 2016," kata Sugianto seperti dikutip Antara News Kalteng.com. 

Sementara itu, mantan Pejabat Gubernur Kalimantan Tengah Hadi Prabowo berharap gubernur dan wakil gubernur segera melakukan berbagai terobosan dan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat guna memaksimalkan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Mengingat wilayah Kalimantan Tengah ini yang sangat luas maka saya berharap gubernur dan wakil gubernur terus berinovasi sehingga proses pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat semakin merata," kata Hadi.


By Choirul Fuadi

Obrolan Istri minta Suami agar dipoligami

June 08, 2016 Add Comment
Ketika suami dan istri sedang melakukan perjalanan, sang istri memulai pembicaraan;


Istri : Abi, suami tu kebanyakan takut istri ya.

Suami : Hmmmm… Abi ga koq…

Istri : Buktinya.. Abi ga berani nikah lagi..

Suami : ha.. (nada keheranan)

Istri ; kan jelas abi di surat anisa, laki-laki itu boleh nikah lebih dari satu.

Suami : Hmmmm… jadi Abi boleh nikah lagi umi?




Istri : boleh Abi. Tapi ada syaratnya.

Suami : Apa syaratnya umi?


Istri : Mudah koq bi.. Cuma ada 3 syarat aja koq.

Suami : Apa itu Umi? (tanya suami dengan penasaran)

Istri : pertama , Abi harus nikah dengan perempuan yang lebih muda dari Umi.

Suami : Wah gampang umi.. banyak aja perempuan muda yang mau ma Abi.. Abi kan ganteng.

Istri : Ah abi kepedean.. Syarat kedua, Abi harus nikah dengan yang lebih cantik dari Umi.

Suami : Ya pastilah Umi…hehhe

Istri : Nah syarat yang terakhir… Langkahi dulu mayat Umi.

Suami : Eh…. (Kaget dan tetep menjadi suami yang istiqomah)

Obrolan Suami Istri Seputar Keuangan

June 08, 2016 Add Comment
Seorang suami istri sedang bercakap-cakap;

Istri : Abi,…..
Suami : Iya umi.
Istri : Abi itu miskin ya.. ga punya uang.
Suami : Hmmmmm… koq bisa
Istri : kan seluruh gaji abi disedekahin ke umi semua… hehehe
Suami ; owh iya ya… tapi sekarang Abi jadi tukang sedekah terbesar di keluarga ini.
Istri : Iya Abi. Jadi uang Abi, uang Umi juga. Gaji umi itu punya umi sendiri..hehe
Suami : hehe tapi gpp, kan Umi buat Abi…
Istri : eh Abi ni…. Sama aja..


Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Dilantik

June 08, 2016 Add Comment
Provinsi Kalimantan Tengah akhirnya mendapatkan gubernur baru. Rabu, 25 Mei 2016 lalu, Sugianto Sabran-Habib Ismail dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.
Sugianto Sabran-Habib Ismail dilantik langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di istana Negara.

Pasangan Sugianto Sabran-Habib Ismail telah dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Suasana suka-cita meliputi  keluarga dan para pejabat serta tokoh masyarakat Kalimantan Tengah yang turut serta dalam acara pelantikan.

Pelantikan itu dirangkai dengan  acara penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) di ruang Kredensial dan dilanjutkan dengan kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara.

Pelantikan pasangan Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng ini dilakukan bersama-sama dengan pelantikan  Gubernur Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau,dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.


By Choirul Fuadi

Peneliti Muda Dari SMAN 1 Mute Mendapat Medali di Tingkat Asia

June 08, 2016 Add Comment
Kita patut berbangga atas sejumlah prestasi yang diukir oleh generasi penerus bangsa. Salah satu contongnya adalah ANISA Saraswati. Anisa adalah siswi kelas XI IPA, SMAN 1 Muara Teweh. Anisa berhasil memboyong medali perunggu pada ajang Young Inventors Exhibition 2015 (AYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia dalam penghargaan untuk peneliti belia di bidang matematika.


ANISA Saraswati, siswi kelas XI IPA, SMAN 1 Muara Teweh, berhasil memboyong medali perunggu pada ajang Young Inventors Exhibition 2015 (AYIE) di Kuala Lumpur, Malaysia


Anisa Saraswati mengaku senang pada ajang AYIE yang diikutinya. Anisa mendapatkan banyak pelajaran berharga seperti pentingnya belajar Bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Selain itu, kedisiplinan karena dengan disiplin dapat membuat sesuatu menjadi berharga.
Untuk perwakilan Kalimantan Tengah, diikuti oleh enam peserta dari Kapuas, Sampit dan Barito Utara. Lima peserta mendapatkan piagam dan medali, di antaranya Kapuas satu perunggu, Sampit mendapatkan dua perak dan satu perunggu, dan Barito Utara mendapatkan satu perunggu.
Razikinor, Kepala SMAN 1 Muara Teweh saat penyerahan penghargaan dan medali kepada Dinas Pendidikan Barito Utara, di lapangan upacara SMAN 1 Muara Teweh, Kamis (28/5/2015) lalu, mengapresiasi prestasi Anisa. Kemudian, pihak sekolah akan menambah guru pembimbing agar mengembangkan siswa dalam olimpiade sains.

“Pihak sekolah akan mengaktifkan kembali penelitian belia di sekolah dan menambah guru pembimbing untuk dapat berperan serta dalam pengembangan siswa pada olimpiade sains,”ungkapnya. 

Harapanya, keberhasilan Anisa dapat memotivasi seluruh siswa untuk aktif dan lebih banyak mengikuti ajang olimpiade sains sehingga tidak hanya satu saja yang dapat ikut pada tingkat nasional maupun internasional.


By Choirul Fuadi


SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING' Part 2

June 05, 2016 Add Comment

Cara ini mulai diajarkan pd anak sejak usia mereka masih sangat dini agar terbentuk sebuah kebiasaan yg kelak akan membentuk mereka menjadi mahluk 'Being', yakni manusia2 yg melakukan apa yg mereka tahu benar."

Betapa sekolah begitu memegang peran yg sangat penting bagi pembentukan perilaku & mental anak2 bangsa. Tidak hanya sekadar berfungsi sebagai lembaga sertifikasi yg hanya mampu memberi ijazah kepafa para anak bangsa.
Karakter, perilaku dan kejujuran adalah landasan untuk membangun anak didik  yang lebih beradab dalam berperilaku, Bukan sekadar angka-angka akademik seperti yang tertera di buku-buku raport sekolah ataupun Indeks Prestasi IPK..
Kejujuran dan etika moral adalah prioritas utama, sedangkan kepintaran itu kita kembangkan kemudian,  karena setiap anak terlahir pintar dan pendidikan itu sendiri adalah perkembangan

Oleh sebab itu ,Seyogyanya, kita  tidak perlu terlalu risau jika seorang anak belum bisa calistung ( baca tulis hitung ) atau Pipolondo ( Ping Poro Lan Sudo )  saat masuk SD atau bahkan setelah sekolah SD sekalipun, Tapi mestinya  harus peduli jika sorang anak tidak jujur dan beretika buruk.

Pendidikan itu bukan persiapan utk hidup, karena  pendidikan adalah kehidupan itu sendiri

Dikutip dari berbagai sumber
Jadi kangen pengen sekolah lagi
Part 1

SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING'

June 05, 2016 Add Comment
Beberapa hari yg lalu, saya terkesima dg pesan dr salah satu tmn di grup.. luar biasa isi pesanya..
Mengenai pendidikan kita.... yg akhir2 ini muncul berita yg cukup membuat kita tertercengang.. mulai dr guru yg hanya krna mencubit murid akhirnberujung di bui, bahkan sampai ada mahasiswa yg membunuh dosenya sendiri.. luar biasa..

SEKOLAH 'KNOWING' vs SEKOLAH 'BEING'

  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ  

Kantor kami, Perusahaan PMA dari Jepang, mendapat pimpinan baru  
dari Perusahaan induknya di Jepang. Ia akan menggantikan Pimpinan yang lama yang memang sudah waktunya untuk  balik ke negaranya.
Sebagai patner,, saya ditugaskan utk kmendampinginya selama ia di Indonesia.
Saya menawarkan kepadanya selain perkenalan kpd relasi  juga ,  utk  melihat2 objek wisata kota Jakarta dan Bandung .  

Pada saat kami ingin menyeberang jalan, teman saya ini selalu berusaha utk mencari zebra cross. Berbeda dgn saya dan org Jakarta yg lain, dgn mudah menyeberang di mana saja sesukanya.

Teman saya ini tetap tdk terpengaruh oleh situasi. Dia terus mencari zebra cross ataupun jembatan penyeberangan, setiap kali akan menyeberang. Padahal di Indonesia tidak setiap jalan dilengkapi dgn.sarana seperti itu.


Yg lbh memalukan, meskipun sdh ada zebra cross tetap saja para pengemudi tancap gas, tidak mau mengurangi kecepatan guna memberi kesempatan pada para penyeberang. Teman saya geleng2 kepala mengetahui perilaku masyarakat kita.

Akhirnya saya coba menanyakan pandangan teman saya ini mengenai fenomena menyeberang jalan tadi.

Saya bertanya, mengapa orang2 di negara ini menyeberang tidak pada tempatnya, meskipun mereka tahu bahwa zebra cross itu adalah sarana utk menyeberang jalan. Sementara kenapa dia selalu konsisten mencari zebra cross meskipun tidak semua jalan di negara kami dilengkapi dgn sarana tsb..

Pelan2 dia menjawab pertanyaan saya, "It's all happened because of The Education System."

Saya kaget juga  mendengar jawabannya. Apa hubungannya menyeberang jalan sembarangan dgn sistem pendidikan?

Dia melanjutkan penjelasannya,
"Di dunia ini ada 2 jenis sistem pendidikan, yang pertama adalah sistem pendidikan yg hanya menjadikan anak2 kita menjadi mahluk 'Knowing' atau sekedar tahu saja, sedangkan yg kedua sistem pendidikan yg mencetak anak2 menjadi mahluk 'Being'. 

Apa maksudnya?

Maksudnya, sekolah hanya bisa mengajarkan banyak hal utk diketahui para siswa. Sekolah tidak mampu membuat siswa mau melakukan apa yg diketahui sebagai bagian dr kehidupannya.

Anak2 tumbuh hanya menjadi 'Mahluk Knowing', hanya sekedar 'mengetahui' bahwa:
- zebra cross adalah tempat menyeberang,
- tempat sampah adalah utk menaruh sampah.

Tapi mereka tetap menyeberang dan membuang sampah sembarangan.

Sekolah semacam ini biasanya mengajarkan banyak sekali mata pelajaran. Tak jarang membuat para siswanya stress, pressure & akhirnya mogok sekolah. Segala macam diajarkan dan banyak hal yg diujikan,tetapi tak satupun dr siswa yang menerapkannya setelah ujian. Ujiannya pun hanya sekedar tahu, 'Knowing'.

Di negara kami, sistem pendidikan benar2 diarahkan utk mencetak manusia2 yg 'tidak hanya TAHU apa yg benar tetapi MAU melakukan apa yg benar sebagai bagian dr kehidupannya'.

Di negara kami, anak2 hanya diajarkan 3 mata pelajaran pokok:
1. Basic Sains
2. Basic Art
3. Social

Dikembangkan melalui praktek langsung dan studi kasus dan dibandingkan dgn kejadian nyata di seputar kehidupan mereka.

Mereka tidak hanya TAHU, mereka juga MAU menerapkan ilmu yg diketahui dlm keseharian hidupnya. Anak2 ini jg tahu persis alasan mengapa mereka mau atau tidak mau melakukan sesuatu.


Lanjut ke part 2

Sedekah Unik Warga Saudi

June 05, 2016 Add Comment

Sedekah Unik yang dilakukan warga Saudi

Sebuah kulkas berisi penuh makanan dan minuman, diletakkan di tepi jalan depan sebuah rumah. Setiap orang bebas mengambil atau menaruh makanan di sana, karena sengaja tidak dikunci.
Anak kecil aja sedekah, kamu kapan?

Hal ini merupakan ide kreatif dari seorang warga Hail, Arab Saudi untuk bersedekah memberi makan orang-orang miskin di sekitar rumahnya yang malu untuk mengemis di jalan raya.

Pria yang tidak ingin disebut namanya itu mengundang warga sekitar untuk menyumbang makanan berlebih di lemari es tersebut, agar nantinya kaum miskin dapat mengambilnya.

Cara bersedekah yang unik ini mendapat perhatian dunia luas dan banyak tokok islam yang mengapresiasinya melalui media sosial. Dikatakan bahwa sejumlah warga Bahrain ingin agar cara itu diterapkan di negaranya terutama saat Ramadhan yang akan datang sebentar lagi.

Semoga warga Indonesia juga bisa menirunya.

http://www.kaskus.co.id/thread/5370199180cf17f131000073/cara-sedekah-unik-ini-bikin-kagum-dunia/

Belajar dari Anak Kecil

June 04, 2016 Add Comment

Sekedar cerita,...mungkin dapat diambil hikmahnya..
           
BELAJAR DARI ANAK KECIL

 Sesudah jumatan aku masih duduk di teras mesjid di salah satu kompleks sekolah. Jamaah mesjid sudah sepi, bubar masing-masing dengan kesibukannya.

Seorang nenek tua menawarkan dagangannya, kue traditional. Satu plastik harganya lima ribu rupiah. Aku sebetulnya tidak berminat, tetapi karena kasihan aku beli satu plastik.

Si nenek penjual kue terlihat letih dan duduk di teras mesjid tak jauh dariku. Kulihat masih banyak dagangannya. Tak lama kulihat seorang anak lelaki dari komplek sekolah itu mendatangi si nenek. Aku perkirakan bocah itu baru murid kelas satu atau dua.

Dialognya dengan si nenek jelas terdengar dari tempat aku duduk.




“Berapa harganya Nek?”
“Satu plastik kue Lima ribu, nak”, jawab si nenek.

Anak kecil itu mengeluarkan uang lima puluh ribuan dari kantongnya dan berkata :

“Saya beli 10 plastik, ini uangnya, tapi buat Nenek aja kuenya kan bisa dijual lagi.”

Si nenek jelas sekali terlihat berbinar2 matanya :

“Ya Allah terima ksh bnyk Nak. Alhamdulillah ya Allah kabulkan doa saya utk beli obat cucu yg lagi sakit.” Si nenek langsung jalan.

Refleks aku panggil anak lelaki itu.

“Siapa namamu ? Kelas berapa?”
“Nama saya Radit, kelas 2, pak”, jawabnya sopan.
“Uang jajan kamu sehari lima puluh ribu?'”

” Oh .. tidak Pak, saya dikasih uang jajan sama papa sepuluh ribu sehari. Tapi saya tidak pernah jajan, karena saya juga bawa bekal makanan dari rumah.”
“Jadi yang kamu kasih ke nenek tadi tabungan uang jajan kamu sejak hari senin?”, tanyaku semakin tertarik.

“Betul Pak, jadi setiap jumat saya bisa sedekah Lima puluh ribu rupiah. Dan sesudah itu saya selalu berdoa agar Allah berikan pahalanya untuk ibu saya yang sudah meninggal. Saya pernah mendengar ceramah ada seorang ibu yang Allah ampuni dan selamatkan dari api neraka karena anaknya bersedekah sepotong roti, Pak”, anak SD itu berbicara dengan fasihnya.

Aku pegang bahu anak itu :

” Sejak kapan ibumu meninggal, Radit?”
“Ketika saya masih TK, pak”

Tak terasa air mataku menetes :

“Hatimu jauh lebih mulia dari aku Radit, ini aku ganti uang kamu yg Lima puluh ribu tadi ya…”, kataku sambil menyerahkan selembar uang lima puluh ribuan ke tangannya.

Tapi dengan sopan Radit menolaknya dan berkata :

“Terima kasih banyak, Pak… Tapi untuk keperluan bapak aja, saya masih anak kecil tidak punya tanggungan… Tapi bapa punya keluarga…. Saya pamit balik ke kelas Pak”.

Radit menyalami tanganku dan menciumnya.

“Allah menjagamu, nak ..”, jawabku lirih.

Aku pun beranjak pergi, tidak jauh dari situ kulihat si nenek penjual kue ada di sebuah apotik. Bergegas aku kesana, kulihat si nenek akan membayar obat yang dibelinya.

Aku bertanya kepada kasir berapa harga obatnya. Kasir menjawab : ” Empat puluh ribu rupiah..”

Aku serahkan uang yang ditolak anak tadi ke kasir : ” Ini saya yang bayar… Kembaliannya berikan kepada si nenek ini..”

“Ya Allah.. Pak…”

Belum sempat si nenek berterima kasih, aku sudah bergegas meninggalkan apotik… Aku bergegas menuju  Pandeglang menyusul teman-teman yang sedang keliling dakwah disana.

Dalam hati aku berdoa semoga Allah terima sedekahku dan ampuni kedua orang tuaku.

TERNYATA MALAIKAT IZRAIL MENZIARAHI KITA SETIAP 21 MENIT

June 04, 2016 Add Comment

TERNYATA MALAIKAT IZRAIL MENZIARAHI KITA SETIAP 21 MENIT

Betapa sering malaikat maut melihat dan menatap wajah seseorang, yaitu dalam waktu 24 jam sebanyak 70 kali. Seandainya manusia sadar hakikat tersebut, niscaya dia tidak akan lupa untuk mengingat mati. Tetapi oleh karena malaikat maut adalah makhluk ghaib, manusia tidak melihat kehadirannya, sebab itu manusia tidak menyadari apa yang dilakukan oleh Malaikatul maut.




Coba kita lihat » 1 hari=24 jam=1440 menit. 1440 menit/70 kali malaikat melihat kita=20.571 menit, itu berarti Sang pencabut nyawa menziarahi kita setiap 21 menit.

Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Abbas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa malaikat maut memperhatikan wajah manusia di muka bumi ini 70 kali dalam sehari. Ketika Izrail datang merenungi wajah seseorang, didapati orang itu sedang bergelak-ketawa. Maka berkata Izrail: ‘Alangkah herannya aku melihat orang ini, padahal aku diutus oleh Allah untuk mencabut nyawanya kapan saja, tetapi dia masih terlihat bodoh dan bergelak ketawa’.”

Seorang sahabat pernah bertanya: “Wahai Rasululloh, Siapakah orang mukmin yang paling cerdas?” Rasululloh SAW menjawab: “Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling: baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas."
[HR. Ibnu Majah, Thabrani, dan Al Haitsamiy]

Semoga bisa menjadi asbab hidayah

#hijrah4istiqomah #muhasabah
#hijrah #istiqomah #death #kematian #dakwah #dakwahislam #nasihat #islam #muslim #taubat #moslem #sholat #deen #repent #repentance

Jualan SOTO cara langit

June 04, 2016 Add Comment


Dalam perjalanan kerja ke Solo, satu hari saya mampir makan di warung soto dekat hotel tempat saya menginap.

Habis Jum'atan saya mampir ke warung soto itu karena sangat ramai dikunjungi pelanggannya. Saya pikir soto ini pasti enak karena pengunjungnya sampai ke teras warung.

Suasananya rada aneh, ketika saya lihat sekeliling meja, banyak sekali abang-abang becak yang makan di sana.



"Emmm ,Pantesan rame, sotonya memang benar-benar enak !"

Ketika selesai makan dan mau membayar, Bu Amir pemilik warung soto itu melarang saya mengeluarkan uang,  "Tidak usah bayar Dik, terima kasih atas kunjungannya."

Dengan penuh rasa heran saya bertanya alasannya kenapa gak boleh bayar ?

"Ini hari Jumat Dik, di sini tiap hari Jumat gratis!"

Masya Allah, terjawab sudah kenapa sebagian besar yang makan di warung ini tukang becak. Setengah bingung saya mencoba mendekat ke tempat Bu Amir duduk.

"Ibu, apa gak rugi jual soto seharian gak dapat uang?", tanya saya setengah menyelidik.

"Dik, dari hari Sabtu sampai hari Kamis kan alhamdulillah kami dikasih rizki, dikasih untung sama Allah ! Kalau kami bersyukur dengan cara menggratiskan satu hari, untung kami masih sangat banyak untuk ukuran kami. Kalau mau jujur seharusnya kami memberikan hak kepada Allah minimal 30% ! Coba adik pikir, siapa yang menggerakkan hati pelanggan-pelanggan kami untuk datang kemari ? Kalau kami harus membayar salesman, berapa uang yang harus kami bayar ?Semoga dengan 1/7 bagian ini Allah ridho. Sebagian besar dari hasil usaha ini kami gunakan untuk membiayai 4 anak kami. Mereka kuliah semua Dik. Satu di kedokteran UGM, satu di Teknik Sipil ITB, yang 2 lagi di UNS sini. Kalau bukan karena pertolongan Allah, mana bisa usaha kami yang sekecil ini membiayai kuliah 4 orang !"  Bu Amir menjelaskan panjang lebar.

Jegerrrrrrrrr !!!!! Saya seperti disambar petir. Warung soto sebesar ini bisa membiayai anaknya 4 kuliah di Universitas Negeri semua ! Malah masih bisa memberi makan kepada tukang-tukang becak dan semua orang yang berkunjung ke warungnya setiap HARI JUMAT, GRATIS lagi!

Saya gak kehilangan akal, untuk membayar rasa kagum dan rasa bersalah  makan soto gratis, saya masuk mall.Saya membeli dompet cantik buat hadiah Bu Amir. Saya pikir, masa Bu Amir gak mau dikasih dompet secantik ini.

Dalam waktu tidak sampai satu jam saya sudah kembali ke warungnya."Lho, kok balik lagi, ada yang ketinggalan Dik ?", sapa Bu Amir heran.

"Mohon maaf Bu, ini hadiah dari saya tolong diterima. Anggap saja sebagai kenang kenangan dari saya buat ibu yang telah memberi pelajaran hidup yang sangat berarti buat saya."

Dengan senyum tulus dan bicaranya halus Bu Amir menolak, "Dik, terima kasih hadiahnya. Maaf, bukan ibu menolak. Ibu cukup pake dompet ini saja, kenang-kenangan dari suami ibu ketika beliau masih ada. Awet banget, tuh sampe sekarang masih bagus."

Bu Amir menepuk bahu saya seraya berkata, "Bawa saja pulang dan hadiahkan buat istrimu. Percayalah, istrimu pasti senang dapat oleh-oleh dari Solo. Adik mampir di warung Ibu saja sudah merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak ternilai. Ibu senang, benar-benar senang sudah bisa ngobrol sama adik" begitu kata Bu Amir sambil tersenyum. Saya kehilangan akal dan hanya bisa pamit sambil menundukkan kepala.

Cara Hidup Bahagia

June 04, 2016 Add Comment

Cara Bahagia


Jika kekayaan bisa membuat orang bahagia, tentunya Adolf Merckle, orang terkaya dari Jerman, tidak akan menabrakkan badannya ke kereta api.

Jika ketenaran bisa membuat orang bahagia, tentunya Michael Jackson, penyanyi terkenal di USA, tidak akan meminum obat tidur hingga overdosis.

Jika kekuasaan bisa membuat orang bahagia, tentunya G. Vargas, presiden Brazil, tidak akan menembak jantungnya sendiri.

Jika kecantikan bisa membuat orang bahagia, tentunya Marilyn Monroe, artis cantik dari USA, tidak akan meminum alkohol dan obat depresi hingga overdosis.

Jika kesehatan bisa membuat orang bahagia, tentunya Thierry Costa, dokter terkenal dari Perancis, tidak akan bunuh diri, akibat sebuah acara di televisi.

Ternyata, bahagia atau tidaknya hidup seseorang itu, bukan ditentukan oleh seberapa kayanya, tenarnya, cantiknya, kuasanya, sehatnya atau sesukses apapun hidupnya.

Tapi yang bisa membuat seseorang itu bahagia adalah dirinya sendiri.. mampukah ia mau mensyukuri semua yang sudah dimilikinya dalam segala hal…

“Kalau kebahagiaan bisa dibeli, pasti orang-orang kaya akan membeli kebahagiaan itu. dan kita akan sulit mendapatkan kebahagiaan karena sudah diborong oleh mereka.”

“Kalau kebahagiaan itu ada di suatu tempat, pasti di belahan lain di bumi ini akan kosong karena semua orang akan ke sana berkumpul di mana kebahagiaan itu berada .”

Untungnya kebahagiaan itu berada di dalam hati setiap manusia. Jadi kita tidak perlu membeli atau pergi mencari kebahagiaan itu.

Yang kita butuhkan adalah Hati yang Bersih dan Ikhlas serta Pikiran yang Jernih, maka kita bisa menciptakan rasa “Bahagia” itu kapan pun, di manapun dan dengan kondisi apapun.”

Kebahagiaan itu milik Orang-orang yang dapat Bersyukur.

Like & share

Dikutip dari cermin kehidupan LINE

Kisah Cinta Abadi

June 04, 2016 Add Comment

Nice story! Kisah Cinta Abadi

Pagi itu klinik sangat sibuk. Sekitar jam 9:30 seorang kakek berusia 70-an datang untuk membuka jahitan pada luka di ibu-jarinya. Saya menyiapkan berkasnya dan memintanya menunggu, sebab semua dokter masih sibuk dan mungkin dia baru dapat ditangani setidaknya 1 jam lagi. Sewaktu menunggu, pria tua itu nampak gelisah, sebentar-sebentar melirik ke jam tangannya.

 Saya merasa kasihan. Jadi ketika sedang luang saya sempatkan untuk memeriksa lukanya. Nampaknya cukup baik, sudah kering dan tinggal membuka jahitan dan memasang perban baru. Pekerjaan yang tidak terlalu sulit, sehingga atas persetujuan dokter, saya putuskan untuk melakukannya sendiri.



Sambil menangani lukanya, saya bertanya apakah dia punya janji lain hingga tampak terburu-buru. Lelaki tua itu menjawab tidak, dia hendak ke rumah jompo untuk makan siang bersama istrinya, seperti yang dilakukannya sehari-hari. Dia menceritakan bahwa istrinya sudah dirawat disana sejak beberapa waktu dan istrinya mengidap penyakit Alzheimer.

 Lalu saya bertanya apakah istrinya akan marah kalau dia datang terlambat. Dia menjawab bahwa istrinya sudah tidak lagi dapat mengenalinya sejak 5 tahun terakhir. Saya sangat terkejut dan berkata,

“Bapak masih pergi kesana setiap hari walaupun istri Bapak tidak kenal lagi?”
Dia tersenyum sambil tangannya menepuk tangan saya dan berkata,
“Dia memang tidak mengenali saya, tetapi saya masih mengenali dia, kan?”

Saya terus menahan air mata sampai kakek itu pergi, tangan saya masih tetap merinding. Cinta kasih seperti itulah yang saya mau dalam hidupku. Cinta sesungguhnya tidak bersifat fisik atau romantis. Cinta sejati adalah menerima apa adanya yang terjadi saat ini, yang sudah terjadi, yang akan terjadi, dan yang tidak akan pernah terjadi.

Bagi saya pengalaman ini menyampaikan satu pesan penting :
Orang yang paling berbahagia tidaklah harus memiliki segala sesuatu yang terbaik, melainkan mereka dapat berbuat yang terbaik dengan apa yang mereka miliki…

Semoga yang like cerita ini akan mendapatkan cinta sejatinya. Aamiin

Cermin kehidupan LINE